MASIGNASUKAv102
6510051498749449419

Asyiknya e-Learning di MIN 2 Kota Surabaya

Asyiknya e-Learning di MIN 2 Kota Surabaya
Minggu, 14 Maret 2021

 




Perkembangan teknologi informasi saat ini telah menjalar dan memasuki setiap dimensi aspek kehidupan manusia. Teknolgi informasi saat ini memainkan peran yang besar didalam kegiatan bisnis, perubahan sturktur organisasi, dan mannajemen organisasi.

Dilain pihak, teknologi informasi juga memberikan peranan yang besar dalam pengembangan keilmuan dan menjadi sarana utama dalam suatu institusi akademik. Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list).

Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference. Secara garis besar, teknologi informasi memiliki peranan :

  1. Dapat menggantikan peran manusia, dalam hal ini dapat melakukan otomasi terhadap tugas atau proses;
  2. Memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas dan proses;
  3. Berperan dalam restrukturissi terhadap peran manusia, 

Dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap kumpulan tugas dan proses. Bahwa kehadiran internet dalam dimensi pendidikan merupakan suatu hal yang mutlak, dan sudah merupakan kebutuhan.

Sebagai suatu kebutuhan, maka kehadiran internet pada dasarnya sangat membantu dunia pendidikan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang lebih kondusif dan interaktif.

Kementerian Agama mulai menerapkan penggunaan aplikasi E-Learning Madrasah dalam pembelajaran pada tahun ini tepatnya di bulan Maret 2020. Hal ini disampaikan oleh Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ahmad Umar.

MI Negeri 2 Kota Surabaya tak mau ketinggalan untuk mensukseskan e-Learning madrasah. Dengan berbagai macam tanggapan yang positif dari seluruh warga MIN 2 Kota Surabaya dimulai dari guru, wali murid sampai siswa/siswi MI Negeri 2 Kota Surabaya. Ananda Azka (siswi MIN 2 Kota Surabaya) mengatakan “di elearning menyenangkan, saya bisa berkomunikasi dengan teman-teman bisa birkirim video dan foto selain mengerjakan tugas-tugas dari ibu guru.”