MASIGNASUKAv102
6510051498749449419

Notifikasi Kling Klung

Notifikasi Kling Klung
Sabtu, 26 Maret 2022
Klung, kling atau lainnya merupakan macam-macam suara ketika ada pesan masuk di media sosial semacam WhatsApp, Facebook Massangger atau lainnya.

"Kita buat grup baru ya," begitulah yang diucapkan Pak Arif, nama akrab Arif Mustofa, S.Ag, M.Pd, Kepala MIN 2 Kota Surabaya, disela-sela rapat dengan guru dan pegawai madrasah yang kemudian dibentuk menjadi Tim Media MIN 2 Kota Surabaya.

"Kita harus memiliki ciri khas dan perbedaan dengan (madrasah) yang lain untuk menjadi nilai plus di sini," lanjut pak Arif, "Dan adanya tim media adalah ujung tombak informasi yang sampai ke masyarakat atau wali murid. Masyarakat bisa tahu apa dan bagaimana kegiatan yang dilaksanakan di Madrasah melalui Tim Media ini."

Grup Tim Media pun terbit. Pun pula redaksinya dilantik dan diresmikan oleh pak Arif dengan SK Tim Media MIN 2 Kota Surabaya.

Seiring perjalanan waktu. Tim media begitu solid dan aktif di setiap kegiatan. Baik kegiatan di dalam maupun diluar madrasah. Terbukti media sosial madradah tidak pernah sepi dengan adanya pemberitaan kegiatan madradah. Baik Instagram, Facebook, Tiktok dan YouTube. Awak media aktif melaporkan kegiatan-kegiatan madrasah. Termasuk pertemuan wali murid PPDB yang dilaksanakan pada hari ini, Sabtu, 26 Maret 2022.

Di sini penulis ingat petuah guru ketika masih nyantri di pesantren, "Bisa karena terbiasa." Pak Arif melihat peluang itu dan diaplikasikan dengan membentuk Tim Media dengan memberi kesempatan untuk berkreasi di dunia tulis menulis. Terbukti, mereka mampu memunculkan hal baru yang sebelumnya tidak ada. Pak Arif berhasil melakukan pembaharuan di tubuh MIN 2 Kota Surabaya.
Sebagaimana yang ditulis Mustafa Al Ghalayayni dalam Idhatun Nasyi’innya dikatakan, "Pembaharuan adalah kehidupan. Ia merupakan sesuatu yang perlu dilakukan. Setiap tubuh akan melakukan pembaruan disetiap waktu-waktu tertentu. Dan akan muncul hal lain yang memperbaharui bagian tubuh yang lama. Andaikan pembaharuan ini tidak terjadi maka kehidupan tidak akan berlangsung lama."

Begitu pula sebuah aplikasi smartphone akan mengalami pembaharuan atau update setiap ada perbaikan dari aplikasi versi sebelumnya. Dahulu melakukan panggilan jarak jauh masih menggunakan telepon kabel. Sekarang, dengan hadirnya smartphone android atau iPhone bisa melakukan panggilan sekaligus melihat orangnya, video call. Jika tidak ada pembaharuan alikasi-aplikasi itu tidak ada notifikasi pesan yang beranegaragam ini. Notifikasi yang bermacam-macam itu hasil dari pembaharuan yang telah dilakukan. Maka di tahun-tahun berikutnya akan ada pembaharuan-pembaharuan yang lebih fantastis. Kita tunggu saja.

Memang benar Nabi saw. pernah berkata, “Sebaik-baik jaman adalah pada masaku kemudian masa setelahku, kemudian masa setelah itu, kemudian datang suatu kaum yang kesaksiannya mendahului sumpahnya dan sumpahnya mendahului kesaksiannya.” (HR. Ahmad).  Hadis ini memberikan garis merah zaman akhir adalah zaman paling tidak baik, zaman terpuruk. Bukan berarti dengan adanya hadis ini kita malah diam diri tanpa melakukan upgrade diri untuk menjadi lebih baik lagi.

Bukankah Nabi saw. juga pernah berkata, “Sebaik-baik manusia adalah orang paling bermanfaat bagi orang lain” (HR. Ibnu Hibban). Memberikan info yang benar dan tepat adalah sebuah hal yang bermanfaat. Secara tidak langsung termasuk dalam hadis yang kedua. Iya kan.

So. Mari kita selalu mengupgrade diri dengan hal-hal positif dan selalu meng-uninstal hal-hal negatif dalam diri kita. Untuk penutup tulisan ini penulis mengutip kata mutiara Romo Yai Maimun Zubair, “Jika kau tak bisa berbuat baik maka tahanlah tangan dan lisanmu dari menyakiti. Setidaknya itu menjadi sedekah untuk dirimu.”


Penulis Abd Rohman Wahid
Kegiatan keseharian sebagai Staff  Tata Usaha MIN 2 Kota Surabaya